Saturday 20 December 2008

(14) MIMPI ORANG MUDA


Rm.Laton, yang sering membantu pelayanan pengakuan dosa, beberapa kali berjumpa dengan saya. Hampir dalam setiap perjumpaan kami, Beliau menanyai saya: “Semalam mimpi apa?” Kalau saya jawab saya tidak mimpi apa-apa, Beliau menyanggah: “Ah, masa ngga’ mimpi apa-apa? Mungkin kamu lupa. Orang muda harus punya mimpi!... Besok kalau mimpi, cerita sama saya ya!”
Selama di RR memang saya beberapa kali mimpi. Hanya saja, seperti kata Rm.Laton, beberapa saat setelah saya bangun, saya tidak ingat lagi mimpi saya. Boro-boro ingat; mengingat untuk melakukan pengingatan terhadap mimpi saja saya tidak ingat apalagi untuk ingat mimpi apa.
Pertanyaan yang muncul di benak saya adalah, apakah mimpi yang Rm.Laton maksudkan selalu mimpi yang disebut sebagai ‘bunga tidur’ ataukah mimpi yang Beliau maksudkan adalah yang lebih dikenal sebagai ‘impian’?
Kalau yang dimaksud adalah impian, saya setuju dengan perkataan Beliau: Orang muda harus punya mimpi. Orang muda tidak harus berarti orang yang berusia muda ataupun orang yang punya jiwa muda. Orang muda bisa saya artikan sebagai orang yang selalu punya harapan. Orang yang punya harapan adalah orang yang mampu menghayati kehidupan.
Hidup adalah mimpi tapi mimpi bukanlah hidup. Orang yang hidup adalah orang yang selalu memiliki mimpi ‘impian’ untuk diraih, namun orang yang selalu bermimpi tanpa berani berbuat sesuatu bukanlah orang yang memiliki kehidupan.
saya memiliki banyak impian dalam hidup saya tapi impian itu sering terlupakan. Why? Yah, karena saya terlalu terfokus pada kesibukan saya sehingga saya lupa bahwa mungkin saya sudah menyimpang dari jalan yang seharusnya saya tempuh untuk meraih mimpi saya.
Seperti seorang atlit Sprint. Ketika peluit dibunyikan, dia sudah tidak akan sibuk lagi tentang siapa lawannya, bagaimana dia harus berlari, teknik apa yang paling baik. Dia hanya memandang pada pita garis finish dan berlari sesuai jalurnya.
Sebagai orang muda, saya punya mimpi, namun saya juga masih menjumpai orang muda yang tidak punya mimpi.
Well…?

No comments:

Post a Comment